Uprock’83 (Newsletter)

Posted on October 31, 2012

33


Ada waktu ketika teknologi memberi keajaiban dan tak jarang mengalienasi. Untuk yang terakhir, mungkin semua orang pernah mengalami berada dalam satu ruangan penuh rekan dan kerabat, beberapa dari mereka adalah mereka yang jarang kalian temui, namun semua sibuk pada gadget masing-masing, entah itu memposting foto di facebook, mengupdate twitter atau berbincang di kanal BB masing-masing. Dan kalian terbengong bingung karena tak seharusnya seabsurd itu bertemu rekan dan kerabat.

Kejadian demikian memang menyebalkan dan keterlaluan, tak hanya mengganggap angin kawan sebelahmu, terlebih pula setelahnya kalian bertanya; “Berapa pin BB nya bos?” atau “twitternya dong, mau follow nih”, atau “Gua tag di FB aja deh, add gue ya?”. Kadang kita berfikir dalam dunia gadget masing-masing kita semua terkoneksi dan semua orang memiliki pilihan akses yang sama.

Newsletter ini saya buat awal tahun ini dengan latarbelakang yang hampir mirip. Sudah agak lupa kapan terakhir kali  saya membuat lembaran tercetak seperti ini sebagai niatan berbagi info. Saya putuskan membuatnya lagi setelah pada suatu hari seorang kawan lama datang dan bertanya perihal rekomendasi, info atau hal-hal seputar musik yang kami sama-sama gemari; hiphop. Dengan cepat saya berikan langsung alamat url blog saya dimana saya sering menulis dan mengupload mixtape yang saya buat meski tidak sering dan teratur. Ia dengan wajah kecewa berujar “Duh, saya jarang online cok, saya catet aja sekarang ya, atau kalo tidak merepotkan bisakah di-print?”.

Diprint??? Saya terhenyak sejenak, kenapa tidak?? kami sejak dahulu sekali sering bebagi informasi seputar hiphop dimanapun kami bertemu, saling meminjamkan headphone dan saling memberi dengar album-album baru yang kami dapat. Bagaimana bisa kali ini saya skip proses itu dan memberikan rujukan blog tanpa terlebih dahulu bertanya apakah ia biasa online atau tidak, memiliki koneksi internet personal atau tidak? dan mengapa pula tidak di-layout sederhana dan di print seperti dahulu?

Oke, pengantar ini bisa kalian skip. Saya hanya memerlukan sedikit alasan mengapa newsletter ini dibuat untuk tujuan berbagi tadi. Yang pasti seperti media personal (tercetak atau tidak) saya lainnya, newsletter ini saya buat tidak periodik. Kapanpun saya ingin buat, maka jadilah. Dengan segala keterbatasannya, selama saya masih menemukan kesenangan pada musik yang saya dengarkan dan menemukan waktu untuk menulisnya maka selebaran ini akan tetap ada. Sebagian saya muat di blog ini, sebagian lain dari beberapa media online kawan lainnya, sebagian lagi tidak pernah saya publish dimanapun (seperti kolom wawancara singkat misalnya). Dalam kata lain, sebagian besar isi newsletter ini sudah pernah kawan-kawan baca, hanya saja saya mendokumentasikannya dalam format cetak yang lebih ramah untuk dibawa nangkring berlama-lama di WC. Seringnya saya bagikan di tangkringan dan acara-acara kawan-kawan seperti zine fest kemarin, tak jarang saya bawa kesana kemari sampai habis stoknya.

Newsletter ini saya buat sengaja dalam ukuran kertas A3 lipat dua, bolak-balik. Jika kawan-kawan ingin membuat kopiannya, pastikan kalian membuat masternya dalam ukuran tersebut. Sangat tidak disarankan mencetaknya dalam ukuran A4, karena saya memakai fonts berukuran 7 pada setiap edisinya, bahkan dalam kondisi tertentu saya pakai 6 poin (biasanya atas alasan keterbatasan ruang). Bisa dibayangkan jika dicetak dalam format A4, kalian akan mempersulit hidup kalian saat membacanya. Silahkan print, fotokopi dan bagikan pada kawan-kawan lain yang tak memiliki kemampuan berkoneksi maya atau memilih berjarak dengan internet. Terimakasih sebelumnya.

Ok. Enjoy. Abolish autotune and those fuckin lame dubstep hiphop bullshit.

Klik gambar untuk mendownload pdf-nya:

Uprock’83 #01

Uprock’83 #02

Uprock’83 #03

Posted in: Uncategorized